PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS VIII F PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER DI SMP NEGERI 2 GUNUNG TALANG

Penulis

  • Emli Farida
  • Pebriyenni .
  • Muslim .

Abstrak

Penelitian ini didasari kurangnya aktivitas belajar siswa dalam  pembelajaran PKn   kelas VIII F di SMPN 2 Gunung Talang, terlihat kurangnya aktivitas berdiskusi,  menjawab pertanyaan  dan menyimpulkan materi. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kemampuan berdiskusi, menjawab pertanyaan dan menyimpulkan materi sudah meningkat. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam berdiskusi, menjawab pertanyaan dan menyimpulkan materi siswa kelas VIII F pada pembelajaran PKn di SMPN 2 Gunung Talang. Penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian  kelas VIII F di SMPN 2 Gunung Talang yang berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian, lembar observasi aktivitas siswa, Lembar observasi aktivitas guru, catatan lapangan. Penelitian ini menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa berdiskusi siklus I, 59,08%, menjawab pertanyaan 54,54% dan menyimpulkan materi 40,90%, siklus II berdiskusi 77,26%, menjawab pertanyaan 75,75% dan menyimpulkan materi 75,75%. Kesimpulan, dengan menggunakan NHT  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII F di SMPN 2 Gunung Talang. Peneliti menyarankan agar guru menggunakan model NHT dalam pembelajaran.

Kata Kuci: Aktivitas Belajar, Pembejalaran PKn, Numbered Head Together

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-05-02