PENINGKATAN HASIL SISWA KELAS VII 3 PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MODEL JIGSAW DI SMP NEGERI 2 X KOTO SINGKARAK

Penulis

  • Kartini .
  • Pebriyenni .
  • Nurharmi .

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar PKn siswa. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa adalah guru dominan menggunakan metode yang monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan (PKn)
siswa dengan menggunakan pembelajaran model Jigsaw. Hipotesis tindakan adalah hasil belajar PKn siswa meningkat melalui pembelajaran model Jigsaw di SMP Negeri 2 X Koto Singkarak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan secara kaloboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dilanjutkan dengan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, jumlah persentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada
tindakan 1 (8 Orang) atau 69,22% dan pada tindakan 2 (10 orang) atau 76,92 dan nilai rata-rata adalah 78,80 Sedangkan pada siklus II, dan ketuntasan belajar pada tindakan 1 (11 orang) atau 84,61 dan nilai rata-rata adalah 84,61% dan pada
tindakan 2 (11 orang) atau 84,61 nilai rata-rata adalah 84,65 Terdapat peningkatan sebanyak 15,43%. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan pembelajaran PKn siswa dengan menggunakan pembelajaran model Jigsaw bagi siswa kelas VII 3 SMP
Negeri 2 X Koto Singkarak berjalan dengan baik. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn melalui pembelajaran model Jigsaw bagi siswa kelas VII 3 SMP Negeri 2 X Koto Singkarak dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan agar guru memilih dan menggunakan pembelajaran model Jigsaw dalam pembelajaran PKn
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Model Jigsaw

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-05-02