KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNNAKAN OBJEK LANGSUNG SISWA KELAS X SMA NEGERI 01 KABUPATEN MUKOMUKO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan objek langsung dilihat dari narasi ekspositoris dan narasi sugestif. Teori yang dipakai untuk menganalisis data adalah pendapat yang dikemukakan oleh Finoza dan M. Atar Semi mengenai karangan narasi, jenis karangan narasi, dan ciri-ciri karangan narasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Negeri 01 berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) membagikan kertas kerja kepada siswa, (2) setelah itu, siswa diarahkan untuk menulis karangan narasi dengan topik keindahan alam dan kebersihan lingkungan sekolah, (3) mengumpulkan hasil karangan siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) membaca karangan siswa, (2) mengelompokkan karangan berdasarkan narasi ekspositoris dan narasi sugestif, dan (3) menarik kesimpulan. Hasil analisis data ditemukan bahwa, siswa yang menulis karangan narasi ekspositoris ada 17 orang, sedangkan siswa yang menulis karangan narasi sugestif ada 15 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X1 dapat menulis karangan narasi ekspositoris dan karangan narasi sugestif.
Kata kunci: Menulis, Narasi, Objek Langsung, SMAN 01