Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Cooperative Script DI SDN 12 Mongan Poula Mentawai
Abstrak
Exsekutive Summary
Parumba, Rinus. 2018 Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada
Pembelajaran IPA Melalui Model Cooperative Script DI SDN 12 Mongan Poula Mentawai
Pembimbing : 1. Dr. Hendra Hidayat, M.Pd
2. M. Tamrin, S.Ag, M.Pd
Pendidikan adalah pilar tegaknya kemajuan bangsa. Apalagi dizaman sekarang ilmu dan teknologi sudah berkembang dengan pesat, semua orang bisa mengakses informasi dengan mudah. Guru tidak hanya dituntut untuk bisa mentransfer informasi pengetahuan sebagaimana tertulis di dalam buku. Tetapi sejatinya seorang guru juga dituntut untuk memiliki kemampuan mendidik dan mengajar yang baik, mempunyai strategi mengajar yang tepat, serta mampu memberikan solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh anak didiknya dalam menempuh pendidikan dan pandai memvariasikan metode pembelajaran sehingga dapat menarik semangat siswa dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN 12 Mongan Poula, Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN 12 Mongan Poula, Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Cooperative Script. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi partisipasi siswa, lembar observasi aktivitas guru.pada saat pelaksanaan tindakan pembelajaran, peneliti bertindak sebagai guru dan dibantu oleh dua orang observer yaitu pak Pardinan selaku guru kelas v (observer I), dan ibu Reni Sirileleu, S.Pd selaku guru kelas III (Observer II).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilihat dari analisis lembar observasi partisipasi siswa diperoleh rata-rata persentase untuk indikator siswa bertanya siklus I yaitu 39,67%, meningkat pada siklus II menjadi 76,46%. Partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I 41,17%, meningkat pada siklus II menjadi 77,93%. Partisipasi siswa mengerjakan tugas kelompok tepat waktu pada siklus I 48,52%, meningkat pada siklus II menjadi 80,88%. Rata-rata nilai hasil belajar siklus I 64,70, dengan persentase ketuntasan belajar 41,17% dan rata-rata nilai hasil belajar siklus II 77,05 dengan persentase ketuntasan belajar 82,35%.
Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Script dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN 12 Mongan Poula, Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai dan peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model Cooperative Script dalam pembelajaran IPA sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Kata Kunci: Partisipasi, Hasil belajar IPA, dan Cooperative Script