PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOERNAMENTS TERHAPA HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SD N 28 PASAR GOMPONG KECAMATAN LENGAYAG

Penulis

  • Tauviq . Febrizal
  • Nurharmi . .
  • darwianis . .

Abstrak

Ringkasan Bisnis Plan

Febrizal, Toviq.2013. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Toernaments Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Di Kelas V SDN 28 Pasar Gompong Kecamatan Lengayang

 

Pembimbing : 1. Drs. Nurharmi, M.Si.

                        2. Dra. Darwianis, M.H

 

Pendidikan merupakan proses terjadinya pendewasaan yang terjadi akibat pembiasaan pola asuh yang ditanamkan, mendewasakan anak dan berlangsung terus menerus. Hal senada diungkapkan Suyanto (2010: 13) “Pola asuh merupakan suatu sistem atau cara pendidikan, pembinaan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain.

Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 28 Pasar Gompong pada Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa kelas kontrol. Dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian hasil tes diperoleh dari hasil belajar post-test. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa. Berdasarkan data yang dikumpulkan, maka teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan pre-test yang dilakukan sebelum memberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode eksperimen yang terakhir memberikanpost-test yang dilakukan sesudah memberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode eksperimen.

Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Tipe Teams Games Toernaments lebih baik dari pada metode pembelajaran konvensional. Diperoleh hasil belajar Pkn siswa kelas V-B yang dijadikan sebagai kelas eksperimenmemiliki rata-rata 83,47 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Pkn siswa kelas V-A yang dijadikan sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 74,77.Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung = 1,415107 sedangkan t tabel = 2,075 pada tingkat nyata α 0,05 dan dk = 21,22. Dengan demikian, t hitung <t tabel maka hipotesis tersebut menerima adanya perbedaan dalam hasil pembelajaran siswa kelas V SDN 28 Pasar Gompong 2016/2017 tentang penggunaan model pembelajaran Tim Teologi Games dengan metode pembelajaran konvensional.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 28 Pasar Gompong pada tanggal 04 Mei sampai dengan 20 Mei di kelas V-A dan Kelas V-B. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pkn siswa kelas V-A yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional dengan kelas V-B yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran Teams games toernaments.Untuk itu disarankan pada guru PKn untuk dapat menerapkan model Kooperatif Tipe Teams Games Toernamentspada proses Pembelajaran.

 

 

Kata kunci: Hasil Belajar Kewarganegaraan, Model Teams Games Toernaments

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-02-20