PENGARUH MODEL THINK PAIR AND SHARE DALAM PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DISDN 11 KURAO PAGANG

Penulis

  • Sri Siawati Wulandari
  • Yusrizal .
  • Yulfia Nora

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Think Pair And Shareterhadap hasil belajar IPSsiswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 58 siswa. Penentuan kelas sampel dengan menggunakan Random Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan acak, sehingga di dapatkan kelas VB sebagai kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPS siswa. Teknik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data didapat dari penggujian uji-t statistik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,2 dan 74,42 pada kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh thitung (2,48) > ttabel (1,68), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Think Pair And Share  terhadap hasil belajar IPS siswa. Untuk itu disarankan pada guru IPS untuk dapat menerapkan model Think Pair Share pada proses Pembelajaran.

 Kata Kunci : Think Pair And Share, Hasil belajar, IPS.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-02-21