Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 13 Batu Gadang

Penulis

  • Ade Tria Pertiwi
  • Pebriyenni .
  • Ira Rahmayuni Jusar

Abstrak

Hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran untuk itu guru harus merancang dan memilih suatu model pembelajaran yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil pembelajaran adalah model pembelajaran Time Token. Model pembelajaran Time Token adalah model pembelajaran yang bertujuan agar masing-masing anggota kelompok diskusi mendapatkan kesempatan untuk memberikan konstribusi dalam menyampaikan pendapat mereka dan mendengarkan pandangan serta pemikiran anggota lain. Model ini memiliki struktur pengajaran yang sangat cocok digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, serta untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali.
Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V sebanyak 58 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan Random Sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas VB sedangkan kelas kontrol yaitu VA. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis.Hasil penelitian kelas yang menerapkan model Time Token memiliki rata-rata hasil tes akhir 82, dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah memiliki rata-rata hasil tes akhir 72,1 dan hasil uji hipotesis yang diperoleh adalah thitung>ttabel dimana 3,074 > 1.67 yang berarti H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada ranah kognitif dengan menerapkan model Time Token.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa antara model pembelajaran Time Token dengan pengguanaan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 13 Batu Gadang Tahun Ajaran 2017/2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-02-23