Kemampuan Mengembangkan Unsur 5W+1H dalam Menulis Berita Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Uni

Penulis

  • Wita Permata Sari
  • Yetty Morelent
  • Romi Isnanda

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Mengembangkan Unsur 5W+1H dalam Menulis Berita Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktur bangun berita yang dikemukakan oleh Ermanto (2001), sedangkan teori media gambar yang dikemukakan oleh Rohani (2014).

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripstif yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan, mencatat, menganalisis, menyusun atau mengklasifikasi dan menginterpretasikan kondisi-kondisi yang terjadi pada saat sekarang ini. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang, yang berjumlah 30 orang, media yang digunakan adalah media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) menyediakan lima buah gambar, (2) menugasi siswa untuk menulis teks berita sesuai gambar yang dipilihnya, (3) mengumpulkan hasil tulisan teks berita siswa. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) membaca hasil tulisan teks berita siswa, (2) mendeskripsikan aspek yang dinilai, (3) menganalisis data, (4) menghitung kemampuan semua siswa, (5) menguraikan hasil analisis data, dan (6) menyimpulkan hasil penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengembangkan unsur 5W+1H dalam menulis berita menggunakan media gambar adalah: hanya 9 orang siswa yang mampu melengkapi unsur 5W+1H, sedangkan yang belum lengkap dalam mengembangkan unsur berita yaitu: sebanyak 21 orang siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa telah banyak siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang yang mampu menulis berita dalam mengembangkan unsur 5W+1H. Berdasarkan hasil penelitian terhadap kemampuan mengembangkan unsur 5W+1H dalam menulis berita menggunakan media gambar dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa 85,52. Hal tersebut menjelaskan bahwa siswa telah mampu mengembangkan unsur 5W+1H dalam menulis berita menggunakan media gambar dengan baik.

Kata Kunci: Kemampuan, unsur 5W+1H, berita, media gambar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-02-23