Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Atas di Sumatera Barat
Abstrak
Keefektifan sistem organisasi (sekolah) tergantung kepada kebolehan pemimpinnya. Penglibatan kepala sebagai pemimpin adalah bagi menjamin dan memastikan keefektifan sistem tersebut dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan, pengawalan dan tindakan yang hati-hati, supaya keberhasilan sesuatu sistem terus dirasakan. Kepemimpinan yang efektif ialah kepemimpinan yang dapat membawa perubahan kepada organisasi, sikap serta tingkah laku pegawai dari biasa kepada satu standard yang amat cemerlang dari semua sudut dan perspektif masyarakat sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Dalam suatu organisasi sekolah yang terlibat didalamnya adalah guru, pegawai, penjaga sekolah, siswa sebagai individu yang mendapat perlakuan ataupun pelayanan. Disamping itu, pihak-pihak yang berada diluar lingkaran itu adalah dinas pendidikan, masyarakat. Oleh sebab itu antara komponen-komponen tersebut perlu sinergi yang kuat, sehingga dapat memperlihatkan keefektifan kepemimpinan kepala sekolah.