Analisis Prestasi Belajar Biologi dan Hubungannya dengan Pastisipasi Orang Tua Siswa si SMP N 12 padang

Penulis

  • Erman Har

Abstrak

Pada umunya orang tua siswa ikut berpartisipasi terhadap pendidikan anaknya. Partisipasi itu terlihat frekuensi dari aspek kepedulian orang tua terhadap belajar tinggi (93,23%) dan sedang (6,77%), menyediakan fasilitas belajar kategori tinggi (96,24 %), sedang (3,76 %), memberitahu bagaimana cara mengatur waktu kategori tinggi (9,03 %), sedang (90,97%), dan memberikan bimbingan kategori tinggi (91,73%) sedang (8,27 %). Kemudian untuk prestasi belajar siswa dengan kategori sangat baik sebesar (34,59%), baik (48,87%), cukup (16,54%), kurang (0%), dan sangat kurang (0%).2.Untuk masing-masing pernyataan mean skor, didapatkan pada sub variabel kepedulian orang tua mean skor 40,07 dengan rata-rata sebesar 4,007 dengan interpretasi tinggi. Dan untuk standar deviasi rata-rata 1,007. Fasilitas belajar mean skor 41,12, rata-rata 4,112 dengan interpretasi tinggi, dan rata-rata standar deviasi 0,99. Waktu belajar mean skornya 30,31, dengan rata-rata 3,788, dengan interpretasi tinggi, dan standar deviasi 1,02. Dan untuk bimbingan belajar 46,39, rata-rata 3,865, dengan interpretasi tinggi, dan rata –rata standar deviasinya 1,07.3.Terdapat hubungan yang berarti antara partisipasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (α = 0,05) dengan persamaan koefisien determinasi (r2) = 0,245. Sehingga besarnya hubungan partisipasi orang tua terhadap prestasi belajar biologi siswa sebesar 6,0025%.4.Tidak terdapat perbedaan pertisipasi orang tua antara anak laki-laki dan perempuan yaitu dari aspek kepedulian orang tua berkisar antara 0,148 dengan 0,150, aspek fasilitas -0,67, dengan -0,68,  aspek waktu 0,371 dengan 0,374 dan dari aspek bimbingan belajar 0,663 dengan 0,666.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-21