Pengaruh Transpormasi Pendidikan Sains terhadap Sifat Kompetitif Siswa Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • Erman Har

Abstrak

Penelitian ini untuk mempelajari  sumbangan pembelajaran sains terhadap sifat kompetitif, membandingkan sifat kompetitif berdasarkan jenis kelamin siswa sekolah menengah atas di Sumatera Barat. Metode pngambilan sampel dilakukan dengan cara acak, sejumlah responden telah memberikan respon terhadap instrumen yang diberikan, sampel diambil secara proporsional. Analisis data secara deskriptif dan ujian statistik regresi berganda. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa sifat kompetitif siswa berdasarkan pernyataan-pernyataan yang disampaikan kepada responden berada pada tahap tinggi. Proses pembelajaran sains yaitu bimbingan guru dan proses pembelajaran sains di dalam kelas telah memberi kontribusi secara signifikan terhadap sifat kompetitif siswa. Oleh sebab itu implikasi penelitian ini perlu penekanan terhadap bimbingan guru, baik secara formal maupun secara informal yang mengarahkan sifat kompetitif kepada siswa. Disamping itu pada waktu melakukan revisi kurikulum sains diperlukan materi-materi sains yang dapat menumbuhkan sifat kompetitif dan pelaksanaan pembelajaran sains yang dilaksanakan  di dalam kelas sekolah menengah atas  perlu mendapat perhatian dalam hal fasilitas pendukung, serta guru yang memiliki kompetensi yang memadai dibidang sains.

Kata Kunci: Transformasi pendidikan sains, sifat kompetitif, kurikulum sains, siswa sekolah menengah atas.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-21