LABORATORIUM, FASILITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS SERTA SUMBANGANNYA TERHADAP SIFAT DINAMIS SISWA SMA DI SUMATERA BARAT
Abstrak
Sifat dinamis siswa berada pada tingkat tinggi seperti mengolah data dengan bantuan komputer, mengikuti perkembangan alat komunikasi terkini, dan mengikuti proses pembelajaran sains juga berada pada tahap tinggi. Lucia dan Lepsinger (1999) mengatakan bahwa fleksibelitas yang ditunjukkan oleh individu yang dinamisdapat melakukan adaptasi apabila berhadapan dengan situasi yang berubah-ubah, tekanan yang diluar dugaan. Dalam perkembangan dunia pendidikan saat ini mengarah kepada kemajuan yang sangat pesat dalam bidang sains dan teknologi berdasarkan pengetahuan. Laboratorium sains, fasilitas belajar, keterampilan guru memberi sumbangan terhadap sifat dinamis siswa sejumlah 23,7 persen. Implikasi penelitian ini yaitu perlu proses pembelajaran sains dengan laboratorium yang memadai dan keterampilan guru dalam memilih strategi pembelajaran, serta fasilitas belajar yang dapat menumbuhkan sifat dinamis didalam diri siswa untuk meningkatkan daya saing dalam dunia kerja secara global. Guru perlu mendapat pelatihan ataupun penyegaran untuk menambah dan meningkatkan keterampilannya dalam proses pembelajaran sains.