PERSEPSI GURU DAN PENGELOLA SEKOLAH TERHADAP PENGELOLAAN SEKOLAH PADA SEKOLAH MENENGGAH ATAS DI KAB. PADANG PARIAMAN
Abstrak
Tahap persetujuan sekolah efektif berdasarkan persepsi guru dan pengelola sekolah adalah tinggi (skor min= 4.51, SD=0.37). Manakala tahap praktek sekolah efektif berdasarkan persepsi guru dan pengelola sekolah juga menunjukkan tahap yang tinggi (skor min=4.19, SD=0.38). Keputusan inferensi dengan menggunakan ujian-t tentang perbedaan persetujuan konsep sekolah efektif berdasarkan persepsi guru dan pengelola adalah bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara persetujuan konsep sekolah efektif berkesan berdasarkan persepsi guru dan pengelola (t=1.57, p=0.011). Manakala perbedaan praktek sekolah efektif berdasarkan persepsi guru dan pengelola sekolah juga menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan praktek sekolah efektif berdasarkan persepsi guru dan pengelola (t=1.12, p=0.026). Artinya antara guru dan pengelola sekolah (kepala sekolah dan pegawai sekolah) mempunyai persepsi yang berbeda. Implikasi penelitian yaitu perlu dilakukan sosialisasi tentang pengelolaan sekolah terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam manajemen sekolah. Setiap kebijakan yang menjadi kesepakatan perlu mendapat perhatiansemua pihak yang terlibat dalam pengelolaan sekolah,sehingga tidak terjadikesalahpahaman tentang pengelolaan sekolah.