Peran Pemerintahan Nagari Air Bangis Terhadap Pemberdayaan Perempuan Dalam Pembangunan.

Penulis

  • Desi Hardianti
  • . Pebriyenni
  • . Muslim

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi peran pemerintahan Nagari Air Bangis terhadap pemberdayaan perempuan dalam pembangunan masih jauh dari apa yang diharapkan, karena perempuan di Nagari kurang berpartisipasi dalam meningkatkan pembangunan daerah Air Bangis.

Peran Pemerintahan Nagari Air Bangis terhadap pemberdayaan perempuan dalam pembangunan. Jenis penelitian adala penelitian deskriptif dan Desain penelitian ini adalah Fenomenologi (Phenomenology). Instrument yang digunakan adalah lembar pedoman wawancara dan dokumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintahan nagari Air Bangis terhadap pemberdayaan perempuan dalam pembangunan bidang pendidikan, pemerintahan Nagari melaksanakan Program pelatihan Guru PAUD yang diikuti oleh 15 orang guru PAUD dan kelompok sasaran pelatihan tersebut adalah Guru PAUD. Indikator keberhasilan guru PAUD adalah kemampuan anak dalam motorik halus dikategorikan berhasil dengan baik minimal 80%,  kemampuan anak dalam motorik halus dikategorikan sedang apabila hasil mencapai 50-79%, kemampuan anak dalam motorik halus dikategorikan kurang apabila hasil mencapai <50%. Peran pemerintahan nagari Air Bangis dalam pemberdayaan perempuan dalam pembangunan bidang ekonomi adalah dengan melaksanakan program pelatihan kuliner berbahan ikan (nugget, bakso dan mpek-mpek) yang diikuti oleh 26 orang peserta, kelompok sasaran adalah ibu-ibu rumah tangga. Dari hasil jualan meningkatkan perekonomian sekitar 10% dari sebelumnya. Pemerintahan Nagari Air Bangis juga melaksanakan program pelatihan sulaman emas membuat hiasan dinding dan kaligrafi yang kelompok sasarannya adalah ibu rumah tangga. Pada tahun 2017 jumlah yang terjual sekitar 20 unit, dan tahun 2018 masih sekitar 5 unit. Harga satuannya tergantung ukuran yang sesuai dengan permintaan, ukuran 50 x 50 cm dengan harga Rp 400.000 sampai dengan Rp 500.000.

perempuan sebagai kelompok sasaran pada umumnya mengikuti Pelatihan Guru PAUD, pelatihan kuliner berbahan ikan, dan pelatihan sulaman emas mendapatkan informasi mengenai program, ikut terlibat dalam pelaksanaan program serta masyarakat mengetahui program dan tujuan program pemberdayaan perempuan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Nagari Air Bangis. Pemerintahan Nagari Air Bangis harus senantiasa melaksanakan program atau kegiatan pemberdayaan perempuan dalam pembangunan secara tepat sasaran dan berkelanjutan.

.

Kata Kunci: Pemerintahan Nagari, Perempuan, Program Pemberdayaan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28