Persepsi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Indonesia Pintar di Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo

Penulis

  • Desi Yulianti Riski
  • . Yusrizal
  • . Muslim

Abstrak

Program Indonesia Pintar adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau tidak mampu membiayai pendidikannya. Program Indonesia Pintar atau pemberian Kartu Indonesia Pintar bertujuan untuk meningkatkan akses bagi anak usia 6-21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal/rintisan wajib belajar 12 tahun, mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi, serta menarik siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih adanya masyarakat miskin yang belum mendapatkan manfaat Program Indonesia Pintar serta masih adanya masyarakat yang buta huruf dan tidak tamat SD.

Populasi penelitian adalah 84 orang masyarakat penerima Program Indonesia Pintar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pelaksanaan Program Indonesia Pintar yaitu secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Namun, dalam pelaksanaan penyaluran dana Program Indonesia Pintar masih belum berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari 49% yang mengatakan “ya” dan 51% yang mengatakan “tidak”. Sedangkan upaya mengoptimalkan pelaksanaan Program Indonesia Pintar yaitu dengan melakukan koordinasi dan kerjasama antara dinas sosial kabupaten, dinas pendidikan kabupaten, serta pihak pemerintah daerah baik desa, kelurahan, maupun camat agar pelaksanaan Program Indonesia Pintar berjalan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan, peran dan fungsinya masing-masing.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pelaksanaan Program Indonesia Pintar sudah berjalan dengan baik di Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo.

Kata Kunci: Masyarakat, Pelaksanaan, Program Indonesia Pintar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28