Peran Serta Masyarakat Dalam Proses Perencanaan Pembangunan Desa Kuamang Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo

Penulis

  • . Hamzah
  • . Pebriyenni
  • . Nurharmi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya peran serta masyarakat dalam proses pembangunan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang cuek dan tidak mau berpartisifasi selama proses pembangunan yang berlangsung dan kinerja pemerintah desa dalam melaksanakan proses pelaksanaan pembangunan di desa kuamang.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Serta Masyarakat dalam proses pelaksanaan pembangunan serta kinerja Pemerintah Desa dalam proses pelaksanaan pembangunan di Desa Kuamang Kecamatan VII Koto KabupatenTebo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembaran angket,panduan wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian dan dari data-data yang peneliti kumpulkan, dapat dilihat kalau kinerja Pemerintah Desa yang menjawab “iya” ada 64,40% dan yang menjawab “tidak” sebanyak 35,60% dan dapat disimpulkan bahwa hanya kinerja Pemerintah Desa di dalam proses pembangunan sangat tinggi.

Dari Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Peran Serta Masyarakat kurang dalam proses perencanaan pembangunan dimana masyrakat banyak yang tidak tau dari pelaksanaan pembangunan dan tujuan dari pelaksanaan pembangunan, ini sesuai dengan hasil penelitian menunjukkan sebanyak 56,29% menyatakan tidak ikutserta selama proses perencanaan pembangunan. Selanjutnya Kinerja Pemerintah Desa dalam proses pelaksanaan perencanaan pembangunan, ini bisa dilihat 64,40% masyarakat menyatakan bahwa Kinerja Pemerintah Desa dalam perencanaan pembangunan baik, ini sesuai dengan hasil wawancara yang di dapat kan bahwa pemerintah desa telah mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan . Secara keseluruhan proses pelaksanaan pembangunan memiliki banyak manfaat untuk desa sebagai sumber perekonomian Desa dan memberikan keuntungan bagi lahan masyarakat di Desa Kuamang Kecamatan VII Koto KabupatenTebo.

 

Kata Kunci: Perencanaan Pembangunan, Peran Serta Masyarakat, KinerjaPemerintah Desa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28