Pengembangan Modul Mata Kuliah E-Learning Berbasis Daily Journal pada Proram Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hatta

Penulis

  • Wulan Niryanti
  • . Khairudin
  • Riska Amelia

Abstrak

Dalam pelaksanaan perkuliahan e-learning pada umumnya mahasiswa belum memiliki bahan ajar yang memadai untuk proses pembelajaran yang kondusif, khususnya bahan ajar  yang berbentuk cetak. Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran selama ini diberikan dalam betuk bahan teks pada saat pertemuan masih kurang dalam penyajian materi, penyajian materi pada bahan teks sulit dipahami dan memiliki keterangan-keterangan tambahan bahasa asing. Kurang tersedianya buku yang berfokus pada mata kuliah e-learning dipasaran menjadikan pelaksanaan perkuliahan hanya terfokus kepada dosen, karenanya mahasiswa cenderung pasif hanya menunggu bahan ajar dan penjelasan dari dosen pengampu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengembangan Modul Mata Kuliah E-Learning Berbasis Daily Journal pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Bung Hattta”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul berbasis daily juornal yang valid dan praktis yang dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa pada mata kuliah e-learning  di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D (four D). Model ini memiliki 4 tahapan, diantaranya pendefinisian, desain, pengembangan dan diseminasi. Tahap diseminasi tidak dilakukan karena keterbatasan waktu, biaya dan kemampuan. Penelitian ini dilakukan kepada 11 orang mahasiswa PTIK untuk uji praktikalitas dan 3 orang dosen sebagai validator. Angket yang digunakan merupakan angket dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul mata kuliah e-learning berbasis daily journal pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer telah bernilai valid dan praktis. Dan penulis menyarankan agar dosen dapat memanfaatkan modul ini sebagai pendukung dan media perkuliahan sehingga mahasiswa lebih aktif saat pelaksanaan perkuliahan serta mudah dalam memahami perkuliahan.

 

Kata Kunci : Pengembangan modul, e-learning, daily journal, 4-D.

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28