Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Inventaris Barang Berbasis WEB di FKIP Universitas Bung Hatta

Penulis

  • Muhammad Ihsan
  • Karmila Suryani
  • Riska Amelia

Abstrak

Inventaris  barang  merupakan  pencatatan  data  yang  berhubungan  dengan  barang  atau  aset  dalam  instansi  tersebut.  Umumnya  kegiatan  dalam  inventaris  barang  adalah  pencatatan  pengadaan  barang,  penempatan,  mutasi  dan  pemeliharaan. Tujuan dari penelitian ini adalah tersedianya sistem informasi pengolahan data inventaris barang berbasis web di fakultas keguruan ilmu pendidikan universitas Bung Hatta

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) Analisis, proses pengumpulan kebutuhan dilakukan secara intensif untuk menspesifikasian kebutuhan perangkat lunak agar dapat dipahami perangkat lunak pada tahap ini perlu untuk didokumentasikan. (2) Desain proses multi langkah yang fokus pada desain pembuatan program perangkat lunak termasuk struktur data, arsitektur perangkat lunak, representasi antar muka, dan prosedur pengodean. (3) pengkodean program, ditranslasikan kedalam program perangkat lunak. (4) pengujian, fokus pada perangkat lunak secara dari segi lojik dan fungsional dan memastikan bahwa semua bagian sudah diuji.

Berdasarkan uraian pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan sebuah sistem informasi pengolahan data inventaris barang berbasis web di FKIP Universitas Bung Hatta, yang telah di ujikan oleh Validator dan dapat digunakan oleh pengguna.

Berdasarkan kesimpulan yang ada pembuatan sistem Inventaris Ini masih sangat sederhana dan jauh dari kesempurnaan sehingga perlu sistem untuk bias dikembangkan lagi menjadi lebih baik dan memberikan hasil yang lebih optimal untuk dapat lebih membantu pihak fakultas dalam melakukan pekerjaan dan pengoptimalan data-data barang supaya berkurangnya atau tidak adanya kesulitan dalam mengolah data barang.

 

Kata kunci:Inventaris, Uml, PHP, MySQL, Dremever

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28