Pengembangan Media Berbasis Game Edukasi untuk Evaluasi Mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Penulis

  • Teti Nurhasanah
  • Eril Syahmaidi
  • Rini Wisyastuti

Abstrak

Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap dosen pengampu mata kuliah pemrograman berorientasi objek di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, ditemukan bahwa dosen belum memiliki media pembelajaran yang berbentuk game edukasi. Dosen hanya menggunakan media berbentuk PowerPoint. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah pemrograman berorientasi objek di program studi pendidikan teknik informatika dan komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengem bangan (Research and Development) atau R&D dari Sugiyono. Prosedur penelitian  pengembangan game edukasi ini dikatakan sudah layak, karena telah memenuhi standar pengembangan media pembelajaran mulai dari desain, produksi, sampai uji coba dari ahli. Uji coba produk telah dilakukan pada mahasiswa di mana sebelumnya dilakukan kajian dari pakar materi dan pakar media terhadap produk.

Uji validitas dilakukan pada validator (pakar/ahli) dan mengalami beberapa kali revisi. Setelah game edukasi dinyatakan layak untuk digunakan lalu dilakukan uji coba produk pada mahasiswa. Dari uji validitas, praktikalitas dan efektivitas telah didapat nilai yang selanjutnya dianalisis.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa game edukasi  yang telah dikembangkan dikatakan sudah baik. Berdasarkan hasil dari validasi oleh pakar ahli didapat rata-rata sebesar 91%, dari hasil angket praktikalitas didapat rata-rata sebesar 82% dan hasil dari efektivitas sebesar didapat rata – rata 80%.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Game Edukasi, Pemrograman Berorientasi Objek

 

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28