Pengembangan Modul Pembelajaran Telaah Kurikulum pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer di Universitas Bung Hatta

Penulis

  • Afrian Wirman
  • Rini Widyastuti
  • Eril Syahmaidi

Abstrak

Berdasarkan Pengamatan dan wawancara yang dilakukan terhadap dosen mata kuliah dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, khususnya dalam perkuliahan Telaah Kurikulum, memperoleh keterangan pada umumnya mahasiswa belum memiliki bahan ajar yang memadai untuk proses pembelajaran yang kondusif, khususnya bahan ajar  yang berbentuk cetak. Bahan ajar cetak yang digunakan dalam proses perkuliahan, selama ini diberikan per pertemuan tatap muka dan buku teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah telaah kurikulum di program studi pendidikan teknik informatika dan komputer pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Bung Hatta.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Sugiyono dengan langkah-langkah seperti potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk. Uji coba produk telah dilakukan pada mahasiswa di mana sebelumnya dilakukan kajian dari pakar materi dan pakar media terhadap produk.

Ulasan dari analisis validitas, praktikalitas dan juga efektifitas pengembangan modul telaah kurikulum yang peneliti dapat dari validator (pakar/ahli) dan mahasiswa. Hingga menghasilkan nilai untuk uji validitas dan uji praktikalitas dan juga efektifitas.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul telaah kurikulum yang telah dikembangkan dapat dikatakan sudah baik. Berdasarkan hasil dari validasi oleh pakar maka didapat rata-rata sebesar 76,96%. Dari hasil angket praktikalitas maka didapat rata-rata sebesar 82,74%, dan pada angket efektivitas sebesar 78,00%.

 

Kata Kunci :Telaah Kurikulum, Model R&D, Program Studi PTIK

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28