Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Film Animasi Untuk Materi Sejarah Perkembangan komputer

Penulis

  • Fajri Ashidqi
  • . Khairudin
  • Eril Syahmaidi

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi (PTI) , Pembelajaran masih disampaikan secara konvensional. Media yang digunakan dalam penyampaian meteri ini, kurang menarik minat dan kemauan peserta didik untuk memahami materi sejarah perkembangan komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah tersedianya media pembelajaran berbasis animasi pendek, kepada mahasiswa  Universitas Bung Hatta Jurusan PTIK yang dibuat menggunakan macromedia flash untuk materi sejarah perkembangan komputer yang valid, praktis, dan efisen

Metode yang digunakan adalah metode Research and Development atau yang disingkat R&D. Dimana prosedure dari penelitian pengembangan Film Animasi ini dikatakan sudah layak, karena telah memenuhi standar pengembangan media pembelajaran mulai dari mulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain,praktikalitas,  sampai uji coba dari ahli. Uji coba sebelumnya sudah dilakukan pada mahasiswa yang mana dilakukan kajian dari pakar materi dan pakar media terhadap produck

Uji coba validitas dilakukan pada validator (pakar/ahli) dan mengalami beberapa revisi. Setelah film animasi dinyatakan layak untuk digunakan lalu dilakukan uji coba produk pada mahasiswa. Dari uji validitas, praktikalitas dan efektifitas telah didapat nilai yang selanjutnya di analisi

Berdasarkan hasil dari validasi oleh pakar ahli maka didapat rata-rata sebesar 83%, dari hasil angket praktikalitas didapat rata-rata sebesar 87% dan hasil dari efektivitas sebesar didapat rata – rata 86%. Dengan ini media pembelajaran film animasi sudah dikatakan layak

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28