Perancangan Sistem Pakar Mendiagnosa Permasalahan PC dan Pemesanan Teknisi Online”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta.

Penulis

  • Zulfikri Iszard
  • Karmila Suryani
  • Riska Amelia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan para pengguna PC dalam melakukan perbaikan, baik perbaikan sendiri maupun mengantarkan PC ke tempat servis. Sistem yang dihasilkan hanya digunakan untuk syarat menyelesaikan studi S1 dan hanya diimplementasikan sampai tahap uji coba, sehingga belum dimanfaatkan secara luas.

            Dalam penelitian ini, metode alanisa dan perancangan yang digunakan adalah model waterfall. Model waterfall memiliki beberapa tahap yaitu analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Untuk desain sistem menggunakan pemodelan UML dan diagram yang digunakan adalah context diagram, class diagram, use case diagram, dan activity diagram. Pengkodean sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, Jquery, dan Framework Boostrap. Terdapat empat aktor pada sistem ini yaitu pengguna, teknisi, pimpinan, dan admin. Setiap aktor memiliki hak akses yang berbeda-beda.

            Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pakar untuk mendiagnosa permasalahan PC dan pemesanan teknisi secara online. Berdasarkan hasil validasi dari pakar atau ahli, sistem ini sudah layak untuk digunakan dan diterapkan. Sistem berbasis web ini diberi nama zComputer Solution. Dengan sistem ini para pengguna PC dapat terbantu dalam melakukan perbaikan PC. Penulis berharap sistem ini dapat lebih dioptimalkan pengembangannya untuk peningkatan penggunaannya.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Metode Waterfall, Pemesanan Teknisi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28