Perancangan Aplikasi E-Commerce Produk Pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Penulis

  • Muhammad Nurul
  • Karmila Suryani
  • Riska Amelia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya aplikasi e-commerce untuk mejual produk-produk pembelajaran yang dihasilkan oleh mahasiswa di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK). Produk yang dihasilkan hanya digunakan sebagai syarat menyelesaikan studi S1 dan belum dimanfaatkan secara luas. Selain itu, PTIK juga belum memiliki income generating sebagai penghasilan tambahan untuk institusi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi e-commerce yang menjual produk pembelajaran hasil skripsi mahasiswa PTIK.

            Metode analisa dan perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model waterfall. Model waterfall terdiri dari analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Desain sistem menggunakan permodelan UML dan diagram yang digunakan adalah context diagram, class diagram, use case diagram, dan activity diagram. Pengkodean sistem menggunakan bahasa pemprograman PHP, Jquery, dan Framework Boostrap. Terdapat empat aktor pada aplikasi ini yaitu pelanggan, pengunjung, pimpinan, dan admin. Setiap aktor memiliki hak akses yang berbeda-beda. Hak akses paling tinggi  dimiliki oleh aktor pimpinan. Pengelolah aplikasi e-commerce adalah kewenangan dari aktor admin.

            Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi e-commerce yang khusus menjual produk pembelajaran yang dihasilkan oleh mahasiswa PTIK. Berdasarkan hasil validasi dari pakar/ahli dalam peracangan sistem, aplikasi ini sudah layak untuk diterapkan. Aplikasi ini diberi nama ptiksore.epizy.com. Dengan aplikasi ini PTIK dapat memasarkan produk-produk pembelajaran yang telah lulus tahap seleksi oleh Program Studi. Penulis berharap dengan aplikasi ini produk pembelajaran mahasiswa PTIK dapat dioptimalkan pemanfaatanya untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.  

 

Kata Kunci : E-Commerce, Model Waterfall, WEB

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28