Dampak Pajak Bumi Dan Bangunan Terhadap Pembangunan Di Kabupaten Solok Selatan Ditinjau Dari Undang Undang Nomor 12 Tahun 1994

Penulis

  • Chikha Amyanti
  • . Yusrizal
  • . Nurharmi

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya partisipasi masyarakat dalam membayar pajak bumi dan bangunan di kabupaten solok selatan dan menyebabkan kurangnya infrastruktur pembangunan di kabupaten solok selatan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang dampak pajak bumi dan bangunan terhadap pembangunan di kabupaten solok selatan ditinjau dari undang undang nomor 12 tahun 1994. Pajak bumi dan bangunan adalah pajak atas bumi dan bangunan yang dimiliki, dikuasi, dan dimanfaatkan oleh orang pribadi atau badan, kecuali kawasan yang digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan dan pertambangan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang mendapat surat pemberitahuan pajak terhutang dari  fiskus atau pemungut pajak yang berjumlah 170.639 SPPT. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrument yang digunakan ialah panduan angket dan dokumentasi.

                Dari hasil penelitian mengenai dampak pajak bumi dan bangunan terhadap pembangunan ada dua dampak yang mempengaruhi pajak bumi dan bangunan yaitu, Dampak positife, apabila masyarakat taat dalam membayar pajak bumi dan bangunan maka infrastruktur pembangunan akan terlaksana dengan benar. Dampak negative yaitu tidak semua masyarakat yang mendapat SPPT dari pemungut pajak taat dalam membayar pajak bumi dan bangunan, serta menjadi penghalang untuk mendapatkan pajak terrealisasi dari target. untuk partisipasi masyarakat nya masih belum cukup terlaksana karena banyaknya faktor-faktor penghambat dari masyarakat untuk membayar pajak bumi dan bangunan.

Dari hasil penelitian ini peneliti berharap agar Fiskus/administrasi pajak terlebih dahulu melakukan sosialisasi pengenalan pajak bumi dan bangunan kepada masyarakat agar masyarakat dan mengayomi masyarakat untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara yaitu dengan cara membayar pajak bumi dan bangunan.

 

Kata Kunci: Dampak , PBB, Pembangunan

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28