Eksistensi Tradisi Adat Kenduri Sko Pada Masyarakat Desa Tanjung Pauh Mudik Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci

Penulis

  • Tripa Oka Ananda
  • . Muslim
  • . Nurharmi

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak kalangan generasi muda yang tidak begitu mengetahui makna dan nilai dari pelaksanaan Tradisi Adat Kenduri Sko yang ada di Desa Tanjung Pauh Mudik serta untuk mengetahui eksistensi tradisi adat kenduri Sko tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan eksistensi, pelaksanaan, makna dan nilai tradisi adat kenduri Sko.

            Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan sampel yang diambil adalah pemangku adat, anggita masyarakat, dan pemuda/i Desa Tanjung Pauh Mudik. Teknik analisis data melalui cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi adat kenduri Sko ini harus di pertahankan dan harus di lestarikan dikarenakan bahwa tradisi adata kenduri Sko ini adalah warisan budaya yang telah di berikan dari nenek moyang terdahulu dan patut kita pertahankan. Dalam pelaksanaan tradisi adat kenduriSko ini ada beberapa tahap yang harus dilaksanakan: 1. Tahap awal yaitu pembentukan panitia dan menentukan peralatan yang harus digunakan dalam acara tersebut. 2. Tahap pelaksanaan, yaitu dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh depati niniek mamak. Dimulai setelah zuhur waktu hingga ashar setempat. Kemudian dilanjutkan kembali pada malam hari setelah sholat isya waktu setempat. 3. Tahap akhir yaitu pembersihan lokasi Kenduri Sko  di Desa Tanjung Pauh Mudik. Di dalam tradisi adat kenduri Sko ini terdapat makna yang terkandung yaitu perwujudan rasa syukur atas rahmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nenek Moyang atas jasa-jasa mereka yang telah terdahulu memberikan serta meninggalkan warisan untuk anak cucu mereka masyarakat Desa Tanjung Pauh Mudik hingga sekarang dan juga terdapat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya yaitu 1. Nilai kekeluargaan, bahwa dengan adanya tradisi ini dapat menjalin rasa kekeluargaan dan rasa kebersamaan di dalam hidup bermasyarakat. 2. Nilai silaturahmi, dengan adanya tradisi ini mempunyai pengaruh yang positif bagi masyarakat, nilai silaturahmi sangat terasa efeknya di dalam pelaksanaan tradisi adat kenduri Sko.

            Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tradisi adat kenduri Sko ini harus di pertahankan dan juga dilestarikan, karena memiliki makna dan nilai yang yang berguna bagi kehidupan dalam bermasyarakat dan juga melalui tradisi adat kenduri Sko ini dapat mempertahankan ciri khas masyarakat dan juga menjadikan warisan tradisi bagi masyarakat Desa Tanjung Pauh Mudik.

 

Kata kunci : Eksistensi, Tradisi Adat, Kenduri Sko

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28