Perbandingan Kajian Unsur Intrinsik dan Nilai-Nilai Moral Dongeng Lutung Kasarung dan Beauty and The Beast

Penulis

  • Rama Witarman
  • Syofiani .
  • Gusnetti .

Abstrak

Setiap karya fiksi memiliki unsur intrinsik sebagai unsur pembangun dari dalam karya fiksi itu sendiri. Salah satuunsur intrinsik yaitutema, alur, latar, dan nilai-nilai moral. Seperti dalam dongeng Lutung Kasarung dan Beauty and The  Beast.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sastra pertbandingan dan pengkajian fiksi. Sapardi Djoko Damono mengemukakan mengenai konsep sastra perbandingan yaitu membandingkn dongeng yang mirip dari berbagai negara, tidak untuk menguungkapkan yang asli dan pengaruhnya terhadap yang lain tetapi lebih untuk mengetahui kaitan-kaitannya antara perbedaan dan persamaan yang ada. Nurgiyantoro mengungkapkan sebuah karya fiksi yang jadi merupakan sebuah bangunan cerita tidak terlepas dari unsur pembangunnya, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik.

            Data penelitian berupa kutipan-kutipan dalam dongeng Lutung Kasartung dan Beauty and The Beast.Data yang didapat dianalisis dengan cara (1) menganalisis data yang telah dikelompokkan sesuai dengan aspek tema, alur, latar,dan nilai-nilai moral. (2) menginterpretasikan hasil analisis data, dan mengklasifikasikan. Serta (3) merumuskan kesimpulan hasil penelitian.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ditemukan tema utama yang sama dalam dua dongeng tersebut yaitu cinta tanpa memandang fisik, (2) ditemukan persamaan alur yang digunakan dalam dua dongeng tersebut yaitu menggunakan alur maju, dan (3) ditemukan persamaan nilai-nilai moral yang menyangkut hubungan manusia dengan diri berupa harga diri dan takut serta hubungan manusia dengan tuhan berupa bertanggung jawab.

            Maka dari hasil penelitian tersebutdapat disimpulkan bahwa terdapat persamaan dalam dongeng Lutung Kasarung dan Beuaty and The Beast dari aspek tema yaitu cinta tidak memandang fisik, sama-sama menggunakan alur maju, dan sama-sama memiliki nilai moral berwujud takut, harga diri dan bertanggung jawab.

Kata Kunci: Unsur Intrinsik,Lutung Kasarung, Beauty and The Beast.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-28