PENGARUH ENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF BERTUKAR PASANGANTERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 20 KURAO PAGANG

Penulis

  • Fathu . Rahmi
  • Susi . Herawati
  • Daswarman . .

Abstrak

Executive summary

Rahmi, Fathu. 2018. PengaruhPenggunaan  Model  PembelajaranKoperatifBertukarPasanganTerhadapHasilBelajarMatematikaSiswaKelas IV SDN 20 KuraoPagang. Skripsi. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar, FakultasKeguruandanIlmuPendidikan, Universitas Bung Hatta.

Pembimbing :Dra. Susi Herawati, M.Pd

                        Daswarman, S.T.,M.Pd

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruhdaripenerapan model pembelajarankoperatifbertukarpasanganterhadaphasilbelajarmatematikapada kelas IV SDN 20 Kurao Pagang.Berdasarkanhasilobservasi yang penelitilakukan di kelas IV-A SDN 20 KuraoPagang, padatanggal 12 Oktober 2017 dalampembelajaranmatematikadiperolehgambaranbahwasekolahtersebutmenerapkankurikulum KTSP, dimanapelaksanaannyamenggunakanmetodepembelajarankonvensioalberupametodeceramah, tanyajawab, danpenugasan. Berdasarkan wawancarapeneliti padatanggal 11 Oktober 2017,peneliti memperoleh informasi bahwa hasil belajar matematika siswa masih banyak dibawah kriteria ketuntasan minimal yang di tetapkan di sekolah tersebut yaitu 75.

Jenispenelitian yang di gunakanadalahpenelitianeksperimen.rancangan yang digunakanpadapenelitianiniadalahPosttest-Only ControlDesign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN20KuraoPagangKecamatanNanggaloyang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiridariduakelas yang berjumlah 52 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Peneliti menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara melakukan pengundian,sehinggadapatkanbahwa kelas eksperimen adalah kelas IVA dan sebagai kelas kontrol adalah kelas IVB. Instrumen dalampenelitianiniadalahberupasoalObjektifdanEsay.Teknikanalisis data padapenelitianini, dilakukanpadaranahkognifyaitudenganmenggunakanujinormalitas, ujihomogenotasdanujihipotesis.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa rata-rata hasilbelajarsiswaranahkognitifpadakelaseksperimenadalah80,04denganpresentaseketuntasan76,92 %danpadakelaskontroladalah72,54denganpresentaseketuntasan65,38 %. Berdasarkanhasilanalisis data hasilbelajarsiswapadaranahkognitifdengantarafkepercayaan 0,05diperolehthirung = 2,0270danttabel = 1,68.

Hasilbelajarsiswaranahkognitifpadapembelajaranmatematikadenganmenggunakan model bertukarpasanganlebih tinggidari hasil belajar siswa yang mencapaiketuntasanbelajarmatematika yang pembelajarannya menerapkanmodel konvensional.Nilai rata-rata untukkelaseksperimenadalah80,04denganpresentase ketuntasan72,54%, sedangkannilai rata-ratakelaskontroladalah72,54Denganpresentaseketuntasan65,38 %. Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaperlakuan model pembelajaranbertukarpasangandapatmempengaruhihasilbelajarsiswakearah yang lebihbaik.

 

Kata kunci :bertukarpasangan, hasilbelajar, pembelajaranmatematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-29