Tanggung Jawab Orang Tua Dan Pengulu Adat Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Jorong Langgam Sepakat Nagari Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Penulis

  • Sutrizal Audio Martha
  • Yusrizal .
  • Nurharmi .

Abstrak

Salah satu pengendali kenakalan remaja adalah keluarga, karena keluarga adalah pengendali utama untuk menjaga dan menyelamatkan individu dan kelompok dari prilaku menyimpan, keluarga cerminan kehidupan seseorang. Artinya, kehidupan keluarga yang harmonis dan di lihat dari tingkah laku dan pola hubungan dengan lingkungan sekitar. Jika orangtua memberikan waktu luang untuk membina dan mengarahkan anaknya, anak akan menjadi suri tauladan bagi dirinya sendiri dan bahkan orang lain.

 Berbicara mengenai remaja yang terutama berkaitan dengan masalah perilaku kenakalanan merupakan masalah yang dirasakan sangatlah penting dan menarik untuk dibahas karena seseorang yang namanya remaja yang merupakan bagian dari generasi muda adalah aset Nasional dan merupakan tumpuhan harapan bagi masa depan bangsa dan Negara serta agama.

Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) Mengidentifikasi bagaimana penyimpangan prilaku remaja di Jorong Langgam Sepakat. (2) Mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku kenakalan remaja di Jorong Langgam Sepakat. (3)Mengetahui upaya orang tua dalam menaggulangi perilaku kenakalan remaja di Jorong Langgam Sepakat. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan yang menggunakan pendekatan studi kasus. Ada tiga teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1)Bentuk-bentuk Perilaku memyimpangan Remaja di Jorong Langgam Sepakat adalah: (a) Penyimpangan individu: Berbohong, mencuri, merokok, membolos, Menonton film pornografi, minum-minuman keras, perilaku seks diluar nikah. (b) Penyimpangan kelompok: Perkelahian antar remaja, kebut-kebutan. (2) faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku kenakalan remaja di Jorong Langgam Sepakat: (a) Faktor lingkungan, (b) Faktor individu (3Upaya-upaya yang dilakukan orang tua dalam menaggulangi perilaku kenakalan remaja di Jorong Langgam Sepakat adalah: Preventif, represif, Rehabilitasi, dan Kuratif.

 

Kata Kunci: Orang Tua, Kenakalan, Remaja. 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-08-31