MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DI KELAS IV SDN 17 GURUNLAWEH

Penulis

  • Rika Oktaria Putri
  • Wince Hendri
  • Khairul Harha

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 17 Gurun Laweh Padang. Salah satu alternatif  yang digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 17 Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 17 Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo dengan jumlah siswa 23 orang terdiri dari 10 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Instrumen  yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah lembar observasi minat belajar siswa, lembar pengamatan kegiatan pembelajaran, tes hasil belajar dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada siklus I (67,77% ), meningkat menjadi (79,99%) pada siklus II. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa persentase peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I yaitu 43,47% menjadi 91,66% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan pendekatan STM dalam proses  pembelajaran IPA agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.

Kata Kunci: Minat, Hasil, STM, IPA

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-08