PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI SDN 07 LABUHAN KABUPATEN PESISIR SELATAN
Abstrak
          Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh kurangnya partisipasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa, terlihat banyak siswa yang diam saat guru bertanya, dan rendahnya kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru, siswa sering berbicara dengan teman sebangku saat pembelajara berlangsung, sedikit sekali siswa yang mengacungkan tangan tanda dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru, siswa sering minta izin keluar dengan berbagai alasan misalnya ke toilet. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples.
           Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar partisipasi siswa, lembar aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa.
           Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase partisipasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata persentase partisipasi siswa untuk indikator 1 pada siklus I yaitu 37,17% meningkat menjadi 61,53% pada siklus II, untuk indikator 2 pada siklus I yaitu 29,48% meningkat menjadi 53,84% pada siklus II. Dari hasil analisis lembar observasi aktivitas guru rata-rata persentase pada siklus I yaitu 53,44% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu menjadi 75,55%. Sedangkan rata-rata nilai ulangan akhir siklus I adalah 63,2% dengan persentase ketuntasan belajar 57,69% dan mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata yaitu 71,3% dengan persentase ketuntasan belajar 84%. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPS melalui model pembelajaran examples non examples berlangsung dengan baik.
           Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar IPS siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat memilih dan menggunakan strategi yang sesuai atau relevan dalam mengajar, di antaranya dapat melalui model pembelajaran examples non examples untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Â
 Kata kunci: Partisipasi, Examples Non Examples