Pengembangan Media E-Learning Menggunakan Moodle pada Mata Pelajaran TIK di Kelas XI SMA PGRI 1 Padang.

Penulis

  • Rachmat Fauzi
  • Eril Syahmaidi
  • Rini Widyastuti

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan, memanfaatkan sistem E-Learning untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan penulis saat melakukan PLK di SMA PGRI 1 Padang, terlihat masih kurangnya pemanfaatan media dalam proses belajar mengajar. Serta sarana dan prasarana laboratorium yang sudah lengkap belum digunakan secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media E-Learning menggunakan Moodle di SMA PGRI 1 Padang yang valid, praktikalitas dan efektivitas.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur E-Learning ini dikatakan sudah layak, karena sesuai dengan teori yang telah diterangkan sebelumnya dan kerangka berfikir yang ada yaitu mulai desain, produksi, sampai uji coba dari ahli. Uji coba produk telah dilakukan pada siswa di mana sebelumnya dilakukan kajian dari pakar materi dan pakar media terhadap produk.

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-learning menggunakan Moodle yang telah dikembangkan dapat dikatakan sudah baik. Berdasarkan hasil dari validasi media oleh pakar maka didapat rata – rata sebesar 86%. Dari hasil angket praktikalitas maka didapat rata – rata sebesar 81,27%, dan pada angket efektivitas sebesar 80%.

 

 

Kata Kunci: E-Learning, Moodle, TIK

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-01