ORIENTASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN WALI NAGARI DAMAR LAPAN BATANG I KECAMATAN AIRPURA KABUPATEN PESISIR SELATAN TAHUN 2018

Penulis

  • Nela Ekstari Wani
  • . Pebriyeni
  • . Yusrizal

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendah nya orientasi politik masyarakat dalam pemiihan wali nagari damar lapan batang kecamatan Airpura Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2018. Orientasi politik yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pengetahuan, nilai, sikap, perilaku politik saat pemungutan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi politik masyarakat dalam pemilih wali nagari mengetahui pengetahuan masyarakat dalam pemilihan wali nagari damar lapan batang kecamatan airpura kebupaten pesisir selatan 2018.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat kabupaten pesisir selatan dalam melakukan pemilihan wali nagari bila dilihat dari kesadaran politik masyarakat yang memilih karena visi dan misi pasangan calon menjawab selalu sebanyak 47% dan 4 % menjawab tidak pernah, dan pengetahuan terhadap pasangan calon sebanyak 74 % menjawab selalu  dan tidak pernah  17%  menjawab tidak.. Untuk kepudilian terhadap kemajuan nagari damar lapan batang kecamatn airpura kabupaten pesisir selatan sebnyak 89 orang (89%) menyatakan “selalu”, sedangkan 11 orang (11%) masyarakat “tidak pernah”.

Kesimpulan dan saran ini adalah utama masyarakat Orientasi politik masyarakat Kecamatan Airpura tentang Wali Nagari Kabupaten Pesisir Selatan pada Pemilihan Wali Nagari tahun 2018 percaya dengan Wali Nagari yang dipilih karena sudah sesuai dengan syarat yang ditetapkan, memiliki pengalaman politik dan pendidikan baik. Diharapkan kepada masyarakat untuk dapat memiliki orientasi yang jelas dalam pemilihan Wali Nagari sehingga tidak salah memilih calon.

Kata kunci : orientasi politik masyarkat, pemilihan wali nagari damar lapan batang kecamatan airpura kabupaten pesisir selatan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-04