PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SDN 35 PAGAMBIRAN

Penulis

  • Nadia . Finodila
  • Siska . Angreni
  • M . Tamrin

Abstrak

EXECUTIVE SUMMARY

Finodila, Nadia.2019.Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On     The Drawterhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 35 Pagambiran. Program Studi GuruSekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bung Hatta.

 

Pembimbing:   Siska Angreni, S.Pd, M.Pd

                        M. Tamrin, S.Ag, M.Pd

 

Kurikulum 2013 merupakan pelaksanaan pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar aktiv bagi siswa namun pada umumnya pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan terpusat oleh guru yaitu dengan pembelajaran konvensional. Untuk mengatasi permasalahan diatas guru dapat memberikan inovasi pembelajaran dengan model Quick On The Drawpada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 35 Pagambiran. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti akan melakukan penelitian eksperimen dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 35 Pagambiran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model kooperatif tipe Quick On The Draw, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa tema Panas dan Perpindahannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 35 Pagambiran yang berjumlah 58 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara random. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada tema Panas dan Perpindahannya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal objektif yang sudah divalidasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen 81,69 dan pada kelas kontrol 63,75, secara statistik diperoleh  ˃  dengan nilai  5,02  dan  2,0168 pada taraf nyata 0,05 maka hipotesis diterima.

Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Quick on The Draw berpengaruhterhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen pada tema Panas dan Perpindahannya. dengan demikian. Diharapkan guru dapat mengimplementasikan model pembelajaran Quick on The Draw dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Quick on The Draw,Hasil Belajar, Panas dan Perpindahannya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-05