INFLUENCE OF PROBING PROMPTING LEARNING MODELS ON LEARNING OUTCOMES PKn CLASS VI SDN 31PASAR AMBACANG

Penulis

  • Armanda . Surya
  • Pebriyenni . .
  • Siska . Angreni

Abstrak

THE INFLUENCE OF MAKE A MATCH MODEL ON SOCIAL EXECUTIVE SUMMARY

Surya,Armanda. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI  SDNegeri 31 Pasar Ambacang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta.

 

Pembimbing :Dra. Pebriyenni, M.Si.

            Siska Angreni, S.Pd, M.Pd.

 

PKn merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan pada jenjang sekolah dasar.Pada umumnya guru hanya menggunakan pembelajaran yang bersifat konvensional. Pembelajaran konvensional yang dimaksudkan di sini adalah model pembelajaran yang sudah biasa dan sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti akan menggunakan model pembelajaranProbing Promptingpada mata pelajaran PKn di kelas VI SDNegeri 31 PasarAmbacang. Berdasarkanhal tersebut, makapenelititertarikuntukmelakukanpenelitianeksperimendenganjudul “Pengaruh Model PembelajaranProbing PromptingTerhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SDNegeri 31 PasarAmbacang”.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttes-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Probing Prompting dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 31 PasarAmbacang  pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI.A sebanyak 22 orang siswa dan siswa kelas VI.B sebanyak 21 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara simple random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif.

Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen  nilai rata-rata 75,95 dan kelas kontrol nilai rata-rata 65,45). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;41) (2,29> 2,0195) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1diterima.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswakelas VI SDN 31 PasarAmbacang. Dengan demikian model pembelajaran Probing Prompting diharapkansupaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Model Probing Prompting, Hasil belajar, PelajaranPKn

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-05