Hubungan Minat Belajar DenganHasilBelajarBiologiSiswaKelas XI IPAMAN Padusunan Kota Pariaman

Penulis

  • Afdal Habib
  • Wince Hendri
  • Azrita .

Abstrak

Minat belajar merupakansalahsatufaktor yang dapatmempengaruhihasilbelajarbiologisiswa. Penelitianinibertujuanuntukmenganalisishubunganantara minat belajar siswadenganhasilbelajarbiologisiswakelasXI IPA MAN Padusunan Kota Pariaman.

Jenispenelitianadalahdeskriptifkuantitatifdenganpendekatankorelasional.Populasipadapenelitian ini adalah seluruh siswakelasXI IPA MAN Padusunan Kota Pariaman, maka teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling.Pengumpulan data menggunakanangket minat belajar siswadanhasilbelajarbiologidiperolehdarinilai UAS Semester Ganjil TahunAjaran 2017/2018.

PengujianhipotesismenggunakanteknikkorelasiProduct Momentdengantarafsignifikansiα=5%.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar dengan nilai rhitung=0,066 lebih dari nilai rtabel=0,2816. Hasilujikorelasidiperolehnilairhitung = 0,066 lebih kecil darinilairtabel= 0,2816, dannilaisignifikan0,654 lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak terdapathubungan yang signifikan antara minat belajar denganhasilbelajarbiologisiswa. Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa tidak terdapathubungan yangsignifikanantara minat belajar danhasilbelajarBiologisiswakelas XI IPAMAN Padusunan Kota Pariaman.

Sehubungandenganhasilpenelitian yang penulisperoleh, makapenulismengemukakan saran kepadapihaksekolahdalamhalinipendidikuntukdapatmenstimulsi minat belajar siswa sehingga siswa akan benar-benar belajar dengan sungguh sungguh. Agar dapatmerasakanmanfaatuntukkehidupandiberbagaibidang, khususnya yang berkaitandenganpendidikan.

 

Kata Kunci:minat belajar, hasilbelajar, validitas, reliabilitas

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-03-18