PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF BERBASIS EDUTAINMENT DENGAN MATERI DUA SEGITIGA YANG KONGRUEN PADA SISWA KELAS IX SMPN 25 KERINCI

Penulis

  • Rita Gusnidarti
  • Edrizon Edrizon
  • Zulfa Amrina

Abstrak

Salah satu materi yang sulit dipahami siswa kelas IX SMP Negeri 25 Kerinci adalah
Kesebangunan dan Kekongruenan. Siswa sulit memahami materi kesebangunan dan kekongruen
karena materi tersebut bersifat abstrak sementara itu pada saat mengajar guru hanya menuliskan
materi di papan tulis dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti
komputer, CD pembelajaran atau alat peraga. Guru belum menggunakan media pembelajaran
yang bervariasi karena disekolah belum tersedia media seperti CD pembelajaran dan alat peraga
untuk mata pelajaran matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika
interaktif yaitu CD pembelajaran interaktif berbasis edutainment yang valid serta dilengkapi
dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan
menggunakan prosedur penelitian Borg dan Gall yang terdiri dari beberapa langkah utama yaitu
analisis terhadap kebutuhan produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal,
dan uji coba produk. Uji coba produk yang dilakukan terdiri dari dua tahap yaitu validasi ahli
dan uji coba kelompok kecil.
Berdasarkan hasil validasi diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran dapat
digunakan dengan sedikit revisi, sedangkan untuk uji coba kelompok kecil diperoleh hasil bahwa
respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan adalah positif sebesar 91%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika
interaktif untuk materi Dua Segitiga yang Kongru

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-11