Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena belum dalam proses belajar mengajar masih menggunakan buku cetak dari perpustakaan,dan belum tersedianya modul biologi berbasis Problem Based Learning yang valid dan praktis di SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul biologi berbasis problem based learning di SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan define, design, develope, dan disseminate mengingat keterbatasan waktu dan biaya tahap disseminate ditiadakan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator mendapatkan nilai rata-rata 92,73% dengan kategori “sangat valid”. Hasil praktikalitas yang dilakukan oleh guru mendapat nilai rata-rata 91,46% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penilaian praktikalitas yang dilakukan oleh siswa saat di uji cobakan mendapat nilai rata-rata 85,91%% dengan kategori “praktis”. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas modul biologi berbasis Problem Based Learning di SMAN 1 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran peneliti yaitu bahwa modul biologi berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu bahan ajar untuk siswa dan guru.
Kata kunci: Modul, Problem Based Learning, Valid, Praktis