Pengembangan modul biologi berbasis problem solving pada materi sistem eksresi di kelas xi ipa sma n 2 lubuk alung

Penulis

  • Nuriadila .
  • Wince Hendri
  • Azrita .

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi karena dalam proses belajar mengajar masih menggunakan buku cetak dari perpustakaan,proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum tersedianya bahan ajar lainnya seperti modul biologi berbasis Problem Solving yang valid dan praktis di SMA N 2 Lubuk Alung  . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul biologi berbasis Problem Solving  di SMA N 2 Lubuk Alung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan modul berbasis Problem Based Learning adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan define, design, develope, dan disseminate mengingat keterbatasan waktu dan biaya tahap disseminate ditiadakan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA SMA N 2 Lubuk Alung. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator mendapatkan nilai rata-rata 81,11% dengan kategori “valid”. Hasil praktikalitas yang dilakukan oleh guru mendapat nilai rata-rata 86,98% dengan kategori “praktis”. Hasil penilaian praktikalitas yang dilakukan oleh siswa saat di uji cobakan  mendapat nilai rata-rata 88,96%% dengan kategori “praktis”. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas modul biologi berbasis Problem Solving di SMA N 2 Lubuk Alung. dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran peneliti yaitu bahwa modul biologi berbasis Problem Solving yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagai salah satu bahan ajar untuk siswa dan guru.

 

Kata kunci: Modul biologi, Problem Solving, Sistem ekresi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-20