PROSES PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS ICT DI SMA N KAB. AGAM SUMATERA BARAT
Abstrak
Penelitian berfokus pada tahap pengetahuan guru, keterampilan, dan penggunaan ICT dalam proses pembelajaran kab. Agam di Sumatera Barat, membandingkan tahap pengetahuan guru tentang ICT berdasarkan gender, dan melihat sumbangan pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap penggunaan ICT. Sebanyak 45 orang guru sains Kab.Agam di Sumatera Barat, yang ditentukan secara random telah menentukan pilihan terhadap terhadap instrument yang disampaikan kepada mereka, Reliabelitas instrumen berada antara 0.79 sampai dengan 0.87. Analisis data dilakukan secara deskriptif (min dan standar deviasi) dan inferensi (Ujian-t, Regresi berganda). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan ICT guru Sumatera Barat berada pada tahap sedang, pengetahuan guru berada pada tahap rendah, manakala sikap dan penggunaan ICT ada pada tahap tinggi. Hasil Ujian-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan ICT guru berdasarkan gender (lelaki dan perempuan), Analisis Regresi berganda menunjukkan terdapat sumbangan tiga variabel pengetahuan dan keterampilan terhadap penggunaan ICT. Implikasi kajian, pengetahuan ICT sangat diperlukan untuk mendapatkan informasi sesuai kepentingan akademik, untuk itu perlu di lakukan revisi kurikulum terhadap perguruan tinggi yang menghasilkan guru tentang bagaimana pengetahuan ICT, mereka diwajibkan mengikuti kurikulum bermuatan ICT yang mewajibkan mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang dapat digunakan setelah mereka menyelesaikan pendidikan di Perguruan tinggi
Kata kunci: Pembudayaan, penggunaan , keterampilan, pengetahuan ICT