Pengaruh Penggunaan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Pesawat Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 28 Karang Pauh Pasar Baru.

Penulis

  • Yuris . Nasri
  • Siska . Angreni
  • Ade Sri Madona

Abstrak

EXECUTIVE SUMMARY

 

Nasri, Yuris. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Pesawat Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 28 Karang Pauh Pasar Baru. Skripsi

Pembimbing : 1. Siska Angreini, S.Pd, M.Pd

                        2. Ade Sri Madona, M.Pd

            Ilmu pengetahuan alam (IPA) adalah ilmu pengetahuan alam yang  sering disebut juga dengan istilah pendidikan sains, di singkat menjadi  IPA. IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk dalam jenjang pendidikan sekolah dasar.Media pembelajaran IPA merupakan alat yang sangat di butuhkan oleh guru IPA untuk membantu siswa dalam memahami suatu konsep saat belajar IPA, terutama media yang dapat dioperasionalkan sendiri oleh siswa.Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran siswa SD dalam pembelajaran IPA salah satunya media komponen instrumen terpadu (KIT).Salah satu masalah yang di hadapi oleh dunia pendidikan saat ini adalah masalah lemah nya pelaksanaan proses pembelajaran yang di terapkan oleh guru di sekolah. Proses pembelajaran saat ini kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. SehinggaMedia KIT sangat diperlukan untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaikan dan bisa juga membuat proses belajar mengajar lebih menarik dan menimbulkan perasaan yang senang serta membangkitkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran IPA. Dengan menggunakan media KIT IPA ditargetkan dapat mencapai satu tujuan pembelajaran.

 

Berdasarkan hasil dan pembahasan yang sudah dikemukakan maka diambil kesimpulan sebagai berikut : Rata-rata hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V pada kelas eksperimen 80,4 dan kelas control69,26. Dari hasil tes akhir tersebut rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Pada taraf uji hipotesis harga thitung > ttabel dimana 3,47> 2,026 yang dibuktikan dengan taraf signifikan  0,05%. Hal ini menunjukan adanya pengaruh media (KIT) Komponen Instrumen Terpadu terhadap hasil belajar IPA di Kelas V SDN 28 karang pauh pasar baru bayang.

 

Kata Kunci : Komponen InstrumentTerpadu (KIT) Hasil Belajar IPA, Eksperimen

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-21