PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPE JIGSAW THDP HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 CITA-CITAKU DI SDN 10 SUNGAI SAPIH PADANG

Penulis

  • Rio Arby Prayoga
  • Wince . Hendri
  • Muhammad . Sahnan

Abstrak

EXECUTIVE SUMMARY
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA 6
CITA-CITAKU SISWA KELAS IV SDN 10
SUNGAI SAPIAH PADANG

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd)


Oleh:
RIO ARBY PRAYOGA
1410013411013

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BUNG HATTA

PADANG
2019


Executive Summary
Prayoga Arby Rio. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Terhadap Hasil Belajar Ipa Tema 6 Cita-Citaku Siswa Kelas Iv Sdn 10
Sungai Sapiah Padang. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta.
Pembimbing : Dr. Wince Hendri, M. Si.
Dr. Muhammad Sahnan, M.Pd.
Pendidikan merupakan kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh setiap
manusia. Menurut Susanto (2014:84) Pendidikan adalah upaya yang terorganisasi,
berencana dan berlansung secara terus-menerus sepanjang hayat untuk membina
anak didik menjadi manusia paripura, dewasa, dan berbudaya. Untuk mencapai
pembinaan ini asas pendidikan harus berorientasi pada pengembangan seluruh
aspek potensi anak didik, diantaranya aspek kognitif, afektif, dan berimplikasi
pada aspek psikomotorik.
Model pembelajaran merupakan rencana atau konsep untuk membantu
siswa dalam proses pembelajaran dan memahami pelajaran dengan mudah.
Dengan menggunakan model dalam pembelajaran, akan membantu menghilangkan
kebosanan siswa dalam menerima pelajaran. Salah satu nya adalah dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran
IPA.
Jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Menurut
Sugiyono (2009:72) mengemukakan “Peneli tian eksperimen mer upakan metode
penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap
yang lain dalam kondisi yang ter kendali kan”.
Jenis populasi seluruh siswa kelas VI di SDN 10 Sungai Sapiah, yang
terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IVA dan kelas IVB. Penentuan sampel untuk
dijadikan kelas eksperimen, peneliti mengunakan teknik Sampling Pruposive,
menentukan kelas eksperiman dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa yang
rendah dari kedua kelas IV. Dengan mengamati nilai UH 1 pada mata pelajaran
IPA. Dalam penelitian ini digunakan instrumen berbentuk tes hasil belajar IPA
yang dilaksanakan setelah eksperimen.
Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil belajar siswa kelas IV SDN 10
Sungai Sapiah Padang yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe
jigsaw adalah 78,62 sedangkan nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran
konvensional adalah 66,25. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan terhadap
hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran secara konvensional dengan

lebih besar dari

berdasarkan hasil temuan tersebut.
Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Siswa.

Executive Summary
Prayoga Arby Rio. 2019. The Effect of Jigsaw Type Cooperative Learning Model
on Learning Outcomes of Theme 6 Ideas of Citizens of Class IV Sdn 10
Sungai Sapiah Padang. Thesis Elementary School Teacher Education,
Faculty of Teacher Training and Education, Bung Hatta University.
Pembimbing : Dr. Wince Hendri, M. Si.
Dr. Muhammad Sahnan, M.Pd.
Education is a primary need that must be possessed by every human
being. According to Susanto (2014: 84) Education is an effort that is organized,
planned and continues continuously throughout life to foster students into
paripura, mature, and cultured humans. To achieve this development the principle
of education must be oriented to the development of all aspects of the potential of
students, including cognitive, affective, and implications on the psychomotor
aspects.
The learning model is a plan or concept to help students in the learning process
and understand lessons easily. By using models in learning, will help eliminate the
boredom of students in receiving lessons. One of them is to use the Jigsaw Cooperative
learning model in learning science.

This type of research method is an experimental research method. According to
Sugiyono (2009: 72) stated "Experimental research is a research method used to look for
the effect of certain treatments on others under controlled conditions".

The population type is all grade VI students in SDN 10 Sungai Sapiah, which
consists of 2 classes, namely IV A and IV B. Determination of the sample to be used as
an experimental class, researchers used the Pruposive Sampling technique, determining
the experimental class as seen from the low average student learning outcomes of the two
classes IV. By observing the value of UH 1 in natural science subjects. In this study used
instruments in the form of sciencelearning outcomes tests conducted after experiments.

The average value obtained from the learning outcomes of grade IV SDN 10
Sungai Sapiah Padang students taught with the cooperative learning model type jigsaw is
78.62 while the average value of students with conventional learning is 66.25. There is a
very significant difference in science learning outcomes between students who take
learning using the Jigsaw type cooperative learning model and students who take
conventional learning with a t
count
greater than t
based on the findings.

table
Keywords: Cooperative Learning Type Jigsaw, Student Learning Outcomes.

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-08-22