PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KURIKULUM 2013 UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTsN 3 KOTA PARIAMAN
Kata Kunci:
kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills, HOTS).Abstrak
Kurikulum 2013 menitik beratkan peserta didik agar mampu melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan apa yang telah mereka peroleh setelah menerima pelajaran (Budiani, 2017). Berpikir tingkat tinggi meliputi tiga kriteria kemampuan yang harus dikuasai, yaitu menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), dan mencipta (create). Pada Kurikulum 2013 guru-guru dituntut untuk dapat memberikan soal-soal pada ranah C4-C6 yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills, HOTS).Referensi
Barnett, J. E and Francis, A.L. 2012. Using higher order thinking question to foster critical thinking: a classroom study. Educational Psychology: An International journal of Experimental Educational Psychology. 3,(2): 209-216.
Zulfa Amrina. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Kurikulum 2013. Jurnal CERDAS Proklamator. 1,(2).
Putri, S. R. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X. Skipsi.Padang.Universitas Negeri Padang (UNP).
Nofiani, M., Sajidan., Puguh. 2016. Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thingking Skills Pada Materi Kingdom Plantae. Jurnal Pendagogi Hayati. 1,(1): 67-80
Z. Amrina, R. Desfitri, F. Zuzano, Y. Wahyuni, H. Hidayat, J. Alfino. 2018. Developing Instruments To Measure Students Logical, Critical, And Creative Thinking Competences For Bung Hatta University. International Journal of Engineering & Technoogy . 7,(4).
Zulfa Amrina. 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pemberian Soal-Soal Open Ended. Jurnal CERDAS Proklamator. 1,(1).
Budiani, S., Sudarmin., Syamwil, R. 2017. Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri.Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET). 6,(1): 45-57.