ANALISIS KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN SAINS UNTUK MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA KELAS VII MTsN 3 KOTA PARIAMAN

Penulis

  • Ovi Zurah Mei Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Hasil belajar

Abstrak

Pergeseran aktifitas teknologi telah mendorong keterbaruan dan perkembangan termasuk di bidang pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 [1]. Pemberlakuan Kurikulum 2013 Revisi adalah untuk merespon Revolusi Industri 4.0. Peserta didik diarahkan terhadap penguasaan skill abad 21 untuk membentuk generasi terampil menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 [2]. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, maka peserta didik harus memiliki kesiapan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman yang berjumlah 180 orang. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling dengan besaran sampel 123 peserta didik kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Pada uji hipotesis, diperoleh nilai t hitung sebesar 12,081 dan nilai t tabel 1,97976 dengan pembulatan menjadi 1,980. Karena nilai t hitung lebih besar (>) dari t tabel atau 12,081 > 1,980, sehingga Dari tabel tersebut didaptkan persamaan garis regresi berikut ini: Y= 39,404 + 0,384X Nilai koefisien kesiapan belajar adalah 0,384 ini berarti setiap penambahan satu unit kesiapan belajar maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,384 sehingga kesiapan belajar peserta didik berpengaruh positif terhadap pemahaman sains berdasarkan hasil belajar IPA.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Mulyasa. 2019. Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Bumi Aksara.Jakarta.

Zubaidah,S. 2018. Mengenal 4c: Learning And Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Seminar 2nd Science Education National Conference. 3 Oktober, Universitas Trunojoyo Madura.

Sudarisman, Suciato. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 29-35.

Kemendikbud. 2018. Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. Kemendikbud.Jakarta.

Har, E.,Osman, & K.,Roza, W. (2020). Influence of the Use of ICT in Biology Learning Junior High Schools West Sumatera, Indonesia. Journal of Engineering and Applied Sciences, 15 (3): 803-809.

Har, E. 2013. Pengaruh Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Teknologi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Sumatera Barat. Proceeding Biology Education Conference Prosiding, 10(1). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27