PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS MOVIE MAKER PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI DI SMAN 4 PARIAMAN

Penulis

  • Frismeila Universitas Bung Hatta
  • Erman Har Universitas Bung Hatta
  • Azrita Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Media, Movie Maker

Abstrak

Menurut Har E, (2013) siswa yang berketerampilan teknologi akan mempunyai kecekapan dan kedapatan dalam menggunakan teknologi untuk kesejahteraan diri dan masyarakat. Bahan ajar berbasis movie maker ini di kembangkan dengan menggunakan 3-D (three-D-model) yang di modifikasi yaitu melalui tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Pariaman pada kelas XI. IPA 2 yang dilakukan dari bulan Februari sampai Maret Semester Genap Tahun 2020. Media ajar yang berbasis movie maker yang dihasilkan mempunyai nilai validitas (91,45%) dengan kriteria sangat. Sedangkan nilai praktikalitas media ajar berbasis Movie Maker pada materi sistem pernapasan manusia didapat dengan kriteria sangat praktis bagi guru (91,14%), dan praktis bagi siswa (85,84%).

Referensi

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Febriani, Y. Har, E & Gusmaweti. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Dialog Bergambar Dengan Tampilan Power Point Pada Materi Pengelolaan Lingkungan Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung. Ejurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta, 4(5) : 1-13.

Har, E. 2013, July. Pengaruh Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Teknologi Siswa Sekolah Menengah Atas di Sumatera Barat. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 10(1) : 1-12.

Syafril., Zelhendri, Z. 2012. Pengantar Pendidikan. Padang : sukarbina press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27