PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ANIMALIA KELAS X IPA SMAN 1 BUKITTINGGI

Penulis

  • Yenni Sipayung Universitas Bung Hatta
  • Gusmaweti Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning

Abstrak

Pendidikan merupakan proses pembelajaran berupa kegiatan belajar mengajar, dimana terjadinya interaksi antara siswa dan guru [1]. Dalam bidang pendidikan guru berperan sebagai tenaga pendidik yang membimbing siswa untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan dapat merubah kondisi siswa dari yang tidak tahu menjadi tahu. Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan penting dalam pendidikan formal pada umumnya karena bagi peserta didik, guru sering dijadikan tokoh teladan, bahkan menjadi tokoh identifikasi diri [2]. Pembelajaran pada hakikatnya adalah suatu proses yaitu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar peserta didik sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong peserta didik melakukan belajar [3]. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bukittinggi. Waktu pelaksanaan penelitian ini adalah pada semester genap tahun ajaran 2020. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model yang digunakan adalah 4-D models yaitu define, design, develop, dan disseminate, yang dikembangkan oleh Trianto (2014:232). Media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning sebesar 3,64 dengan kategori sangat valid. Media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan sebesar 90,28% dengan kategori sangat praktis dan oleh siswa sebesar 88,24% dengan kategori praktis.

Referensi

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.

Har, E., Sari, R. T., Gusmaweti, G., Hendri, W., Azrita, A., Deswati, L., & Mulyani, V. (2018). Peningkatan Kompentensi Guru IPA Biologi Sekolah Menengah Pertama melalui Pelatihan dan Pembekalan Materi di Laboratorium Kabupaten Pesisir Selatan. JCES (Journal of Character Education Society), 1(1), 94-99.

Pane, A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman. Vol 3 (2) hlm 337. ISSN: 2460-2345.

Haviz, M. (2016). Research and development; penelitian di bidang kependidikan yang inovatif, produktif dan bermakna. Ta'dib, 16(1).

Jusniar, J., Side, S., & Anwar, M. (2014). Pengembangan Perangkat Assesment Berbasis Keterampilan Generik Sains (Kgs) Pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Fisik II. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1), 35-42.

Rusman, M. P., & Cepi, R. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27