EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPA SMA DI NAGARI PUNGGUNG KASIK KECAMATAN LUBUK ALUNG

Penulis

  • Cindy Oktafina Nengsih Universitas Bung Hatta
  • Lisa Deswati Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

e-learning, mata pelajaran biologi

Abstrak

E-learning adalah media pembelajaran online yang bersifat open search, dengan menggunakan media e-learning yang dapat di operasikan lewat internet, maka proses pembelajaran dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin, karena banyak manfaat baik bagi yang mengajar maupun yang mengikuti pembelajaran . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X IPA SMA pada mata pelajaran biologi tahun ajaran 2020 dengan jumlah siswa SMA yaitu 50 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak (simple random sampling) dengan besaran sampel 45 siswa kelas X IPA.. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Dari hasil analisis data dan deskripsi hasil penelitian efektivitas pembelajaran e-learning kategori baik dan interpretasi tinggi dengan skor rata-rata sebesar 4,51 pada indikator tidak dibatasi oleh jarak dan waktu mempunyai nilai paling tinggi 4,56 (91,22 %), indikator proses dalam penggunaan e-learning 4,55 (91 %), interaksi lebih leluasa 4,55 (90,89 %), indikator teknologi pendukung dalam proses e-learning 4,50 (85,69 %) dan indikator sikap siswa dalam pembelajaran 4,42 (88,44 %). Hasil uji hipotesis pembelajaran e-learning tidak efektif pada mata pelajaran biologi kelas X IPA SMA di Nagari Punggung Kasik Kecamatan Lubuk Alung dengan nilai f hitung = 0,418 dianggap lebih kecil dari f tabel = 4,06 (0,418 < 4,06).

Referensi

Sadikin, Ali. Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi (Vol. 6 No. 02 Juni 2020)

Mardiana. 2013. “Analisis Pemanfaatan E-Learning Pada Universitas Stikubank Semarang”. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Bina Darma

Har, E. 2013. Pengaruh Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Teknologi Siswa Sekolah Menengah Atas Di Sumatera Barat. Proceeding Biology Education Conference Prosiding, 10(1). Semarang: Universitas Sebelas Maret.

Rusman, Kurniawan dan Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Har, E., K.,Roza, W. & Khairi, A. (2019). Penggunaan ICT Dalam Pembelajaran Sains Pada Guru SMP N di Sumatera Barat, Indonesia. Proceeding Biology Education Conference. November 2019, Uiversitas Sebelas Maret : 49-54.

Har, E., Sari,R.T., Gusmaweti, G., Hendri, W., Azrita, A., Deswati L.,…& Mulyani, V. (2018) Peningkatan Kompetensi Guru IPA Biologi Sekolah Menengah Pertama Melalui Pelatihan dan Pemebelajaran Materi di Laboratorium Kabupaten Pesisir Selatan. JCES (Journal Of Character Education Society), 1(1),94-99.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27