PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA KARTIKA 1-5 PADANG PADA MATERI ANIMALIA

Penulis

  • Zarima Piga Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta
  • Rona Taula Sari Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

Model Discovery Learning, hasil belajar

Abstrak

Pendidikan merupakan proses pembelajaran berupa kegiatan belajar mengajar, dimana terjadinya interaksi antara siswa dan guru. Dalam bidang pendidikan guru berperan sebagai tenaga pendidik yang membimbing siswa untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan dapat merubah kondisi siswa dari yang tidak tahu menjadi tahu. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimental research (eksperimen semu). Penelitian ini menggunakan dua kelas sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model Discovery Learning dan Kontrol diterapkan metode Konvensional. Pada akhir penelitian, peserta didik di kedua kelas sampel akan diberikan tes akhir untuk menilai hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa “Model Discovery Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Kartika 1-5 Padang”. Berdasarkan data analisis dengan uji statistik menggunakan rumus uji t diperoleh thitung = 17,10 sedangkan ttabel = 1,670. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Discovery Learning dan Konvensional di kelas X SMA Kartika 1-5 Padang.

Referensi

Sari, R. T., Angreni, S., & Fortuna, R. A. Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas V Sd. Bio-Pedagogi, 8(2), 89-93.

Gusmaweti, G. Model Pembelajaran Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Bung Hatta. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 11, No. 1, pp. 789-794).

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran. Surakarta: Ghalia Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27