PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKN MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN SNOWBALL THROWING DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGAI PENUH.

Penulis

  • Nindy Wulandary
  • Muslim Tawakal
  • Pebriyenni

Kata Kunci:

HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN PPKN, MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER, SNOWBALL THROWING

Abstrak

hasil penelitian yang dilakukan pada tanggal 13 Juli 2020 sampai dengan 3 Agustus 2020 di SMP Negeri 2 Sungai Penuh, dapat diketahui hasil belajar bedasarkan hasil tes ulangan harian yang diberikan pada saat penelitian. Materi pokok pembelajaran pada pertemuan ini adalah Fungsi dan Kedudukan Pancasila. Pada kelas sampel diberlakukan berbeda yaitu kelas Eksperimen menggunakan Model Numbered Head Together sedangkan kelas kontrol menggunakan model Snowball Throwing. Berdasarkan tes akhir soal kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan antara hasil belajar PPKn siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu sebesar 70,41 dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 69,71. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 menunjukan bahwa nilai yaitu thitung 2,41 >ttabel 2,00 sehingga didapatkan T hitung> t tabel, H1 diterima H0 Ditolak dapat disimpulkan terdapat perbandingan hasil belajar menggunakan model Numbered Head Together dengan model Snowball Throwing dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Sungai Penuh.

Referensi

Amanda Belanova.N.N. (2018). Perbandingan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kewirausahaan dengan menggunakan model Numbred Head Together dan make a match. Universitas Lampung.

Ika Puspita Risk. (2018). Perbandingan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS dengan menggunakan model Numbered Head Together dan Snowball Throwing di SMP Negeri 1 Kragilan. Universitas Lampung.

Rahayu, Sri. (2015) Peendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta : PT Bumi Aksara

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27