PERANAN GURU PPKn DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP N 42 PADANG

Penulis

  • RAHMAT HIDAYAD
  • Muslim Tawakal
  • Bambang Trisno

Kata Kunci:

Peran Guru PPKn, Karakter Religius

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran karakter religius pada siswa di SMP N 42 Padang, serta untuk mengetahui apa saja peranan guru PPKn dalam membina karakter religius siswa SMPN 42 Padang tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik pemilihan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 3 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan studi dokumentasi. Pendidikan merupakan usaha yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan anak menghadapi lingkungan hidup yang setiap harinya mengalami perubahan, dan pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang baik secara pribadi maupun sosial. Hal ini senada dengan isi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3 yang menjelaskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk kepribadian bangsa yang bermoral agar peserta didik lebih bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak baik, mandiri dan kreatif serta melatih peserta didik untuk menjadi demokratis dan bertanggung jawab. Kepmendiknas (Wardani, 2018: 14) menyatakan bahwa terdapat 18 nilai karakter bangsa yang telah disepakati untuk seluruh wilayah di Indonesia. Nilai-nilai tersebut antara lain: 1. Religius, 2. Jujur, 3. Toleransi, 4. Disiplin, 5. Kerja keras, 6. Kreatif, 7. Mandiri, 8. Demokratis, 9. Rasa ingin tahu, 10. Semangat kebangsaan, 11. Cinta tanah air, 12. Menghargai prestasi, 13. Bersahabat, 14. Cinta damai, 15. Gemar membaca, 16. Peduli lingkungan, 17. Peduli sosial, 18. Tanggung jawab. Namun, dalam hal ini penulis hanya akan meneliti tentang nilai religius pada siswa di SMP N 42 Padang melalui peranan guru PPKn yang ada di sekolah tersebut Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMP N 42 Padang yaitu guru PPKN di SMP N 42 Padang sudah membimbing peserta didiknya untuk menjalani kegiatan sehari-hari dengan menerapkan nilai-nilai keagamaan seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, membaca al-quran sebelum belajar, melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, melaksanakan shalat sunat dhuha, mengadakan muhadarah setiap Hari Jumat, ikut merayakan hari besar keagamaan seperti maulid nabi dan isra’ mi’raj, membentuk ekstrakurikuler tahfidz dan bacaan shalat. Peranan guru PPKn dalam membentuk karakter religius siswadi SMP N 42 Padang yaitu dengan menjadi pembimbing, fasilitator, serta memberi contoh kepada siswa tentang bagaimana cara menjalani kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan nilai-nilai keagamaan.

Referensi

Cipta.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Majid, A., Andayani, D. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramayulis. (2002). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramli, M. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Subagyo, J. (1999). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyanto & Djihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Usman, M. U. (2011). Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Husnani. (2017). Membina Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 5 Batusangkar. Empowering Local Wisdom On Education For Global Issue: 225-234. Batusangkar: IAIN Batusangkar.

Irawan, Y. (2017). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas IV Sdn No 20/ I Jembatan Mas. Jambi: Universitas Jambi.

Nugroho, H. W. (2019). Peranan Mata Pelajaran PPKN dalam Rangka Menumbuhkan Nilai Karakter Religius Siswa Kelas IV di SDN 3 Wuryorejo. Civics Education And Social Science Journal, 1 (1): 18-36.

Octavia, E. (2016). Upaya Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius pada Siswa Kelas VIII SMP Tunas Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6 (2): 1002-1009.

Putri, W. (2015). Peranan Guru Ppkn dalam Membina Karakter Religius Siswa di SMPN 1 Payakumbuh. Padang: Universitas Negeri Padang.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27