PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI BAHAN PSIKOTROPIKA DI KELAS XI IPA SMAN 3 SOLOK

Penulis

  • Aprinaldo
  • Wince Hendri
  • Rona Taula Sari

Kata Kunci:

LKPD, Problem Solving, Bahan Psikotropika

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran hanya menggunakan buku paket Biologi yang ada diperpustakaan sekolah. Didalam buku tersebut terdapat kekurangan seperti materi yang sulit dipahami karena bahasa atau konten pada buku terlalu tinggi untuk dapat dipahami peserta didik. Sedangkan perangkat lain seperti modul, handout, dan LKPD belum dimiliki oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis problem solving di SMAN 3 Solok. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan LKPD berbasis problem solving adalah model 4-D (Four-models) yang dimodifikasi menjadi 3-D menurut Trianto (2010:94) adalah model 4-D. Model ini terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pada penelitian ini hanya melakukan tiga tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop). sedangkan tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA 4 SMAN 3 Solok. Hasil validasi yang dilakukan oleh validator mendapatkan nilai rata-rata 3,42 dengan kriteria “valid”. Hasil praktikalitas yang dilakukan oleh guru mendapat nilai rata-rata 83,93% dengan kriteria “praktis”. Hasil penilaian praktikalitas yang dilakukan oleh siswa mendapat nilai rata-rata 89,72% dengan kriteria “praktis”. Berdasarkan hasil validitas dan praktikalitas LKPD berbasis Problem Solving di SMAN 3 Solok dinilai layak digunakan dalam proses pembelajaran, maka dapat digunakan di sekolah-sekolah lain.

Referensi

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Ruhimat, Toto. Dkk, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010.Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi. Dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-10-27 — Diperbaharui pada 2020-10-27

Versi